Selasa, 15 September 2015

MATERI PAI SD/MI



A.      PENDAHULUAN
1.        LATAR BELAKANG
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Nilai-nilai agama ini haruslah ditanamkan kepada anak sejak dini. Selain Orang tua, guru juga mempunyai peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan.

1.        TUJUAN
a.       Memenuhi tugas Mata Kuliah Materi PAI SD/MI yang di asuh oleh Dosen  Sofiatun Nahwiyah, S.Pd.I, MA
b.      Menumbuhkembangkan pemahaman Mahasiswa melalui pemberian dan pengembangan serta penguasaan materi tentang Pendidikan Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam di SD/MI.
B.       PEMBAHASAN
1.        STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) SD/MI BIDANG STUDI AKHLAK
·           KELAS I
SK       :    Membiasakan Perilaku Terpuji
KD      :    1.  Membiasakan Perilaku Jujur
2.    Membiasakan Perilaku Bertanggung Jawab
3.    Membiasakan Perilaku Hidup Bersih
4.    Membiasakan Perilaku Disiplin
·           KELAS II
SK       :    Mencontoh Perilaku Terpuji
KD      :    1.  Menampilkan Perilaku Rendah Hati
2.    Menampilkan Perilaku Hidup Sederhana
3.    Menampilkam Adab Buang Air
·           KELAS III
SK       :    Membiasakan Perilaku Terpuji
KD      :    1. Menampilkan Perilaku Percaya Diri
2.    Menampilkan Perilaku Tekun
3.    Menampilkam Perilaku Hemat
·           KELAS IV
SK       :    Keteladanan dari Kisah Nabi Ayub AS dan Nabi Musa AS
KD      :    1. Memiliki Sikap Pantang Menyerah Sebagai Implementasi Dari Kisah Keteladanan Nabi Musa AS
1.    Menceritakan Kisah Keteladanan Nabi AyubAS
2.    Menceritakan Kisah Keteladanan Nabi Musa AS
·           KELAS V
SK       :    Membiasakan Perilaku Terpuji
KD      :    1.  Perilaku Nabi Ayub AS
3.      Perilaku Nabi Musa AS
4.      Perilaku Nabi Isa AS
·           KELAS VI
SK       :    Menceritakan Kisah Abu Lahab, Abu Jahal dan Musailamah Alkazzab
KD      :    1. Menceritakan Perilaku Dengki Abu Lahab dan Abu Jahal
2.    Menceritakan Perilaku Musailamah Al-Kazzab

2.    URAIAN MATERI (LAMPIRAN)
3.        ANALISIS METERI
Berdasarkan focus dalam materi PAI SD tentang Materi Akhlak yang SK KD nya telah di uaraikan di atas. Analisisnya yaitu sebagai berikut :
a.         Pengorganisasian materi pelajaran harus jelas karena pada hakekatnya pengorganisasian materi pelajaran adalah kegiatan menyiasati proses pembelajaran dengan rancangan terhadap unsur-unsur instrumental melalui upaya pengorganisasian yang rasional dan menyeluruh, misalnya dari materi yang mudah ke materi yang sulit, dari materi yang sederhana ke materi yang komplek dan dari materi yang kongkrit ke materi yang abstrak.
b.         Pada meteri kelas III yaitu bagian Kompetensi Dasar “Menampilkan Perilaku Peraya Diri”,  Menurut pemakalah harusnya materi ini berada pada kelas satu, sebab Perilaku Percaya Diri ini sangat berperan pada peserta didik, dan dari awal masuk peserta didik dituntut agar memiliki sikap percaya diri.
c.         Pada materi Kelas IV dan Kelas V, terdapat SK dan KD yang mempunyai kesamaan yaitu tentang kisah dan akhlak Nabi Ayub as dan Nabi Musa as. Dan setelah pemakalah melihat dan membandingkan isi pada buku atau bahan ajarnya, pemakalah memang menenukan kesamaan, baik itu dari segi judul maupun dari segi isi bahan ajarnya. Menurut pandangan pemakalah kesamaan materi seperti ini sangatlah tidak efektif, sebab ini akan mengurangi wawasan peserta didik.

C.      PENUTUP
1.        KESIMPULAN
a.       Setiap materi yang diajarkan harus sesuai dengan kemampuan dan kecakapan siswa.
b.      Penanaman nilai-nilai agama terhadap anak harus dimulai sejak dini dan harus dimulai dari materi yang mudah ke yang sulit dan materi yang sederhana ke materi yang kompleks.
2.        SARAN
Dari penulisan makalah ini diharapkan mampu menambah wawasan mahasiswa dalam penguasaan materi PAI SD/MI, dan penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan, baik dari segi penulisan maupun isi dari makalah ini. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini.
D.      DAFTAR KEPUSTAKAAN
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 1. Era Pustaka Utama
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 2. Era Pustaka Utama
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 3. Era Pustaka Utama
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 4. Era Pustaka Utama
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 5. Era Pustaka Utama
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 6. Era Pustaka Utama

1 komentar: