A.
PENDAHULUAN
1.
LATAR
BELAKANG
Agama
memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi
pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat.
Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka
internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah
keniscayaan yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan
keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan
Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral
sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup
pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan
nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif
kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan
pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Nilai-nilai
agama ini haruslah ditanamkan kepada anak sejak dini. Selain Orang tua, guru
juga mempunyai peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai
keagamaan.
1.
TUJUAN
a. Memenuhi
tugas Mata Kuliah Materi PAI SD/MI yang di asuh oleh Dosen Sofiatun Nahwiyah, S.Pd.I, MA
b. Menumbuhkembangkan
pemahaman Mahasiswa melalui pemberian dan pengembangan serta penguasaan materi
tentang Pendidikan Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam di SD/MI.
B.
PEMBAHASAN
1.
STANDAR
KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) SD/MI BIDANG STUDI AKHLAK
·
KELAS
I
SK : Membiasakan
Perilaku Terpuji
KD : 1.
Membiasakan Perilaku Jujur
2. Membiasakan
Perilaku Bertanggung Jawab
3. Membiasakan
Perilaku Hidup Bersih
4. Membiasakan
Perilaku Disiplin
·
KELAS
II
SK : Mencontoh Perilaku Terpuji
KD : 1. Menampilkan
Perilaku Rendah Hati
2. Menampilkan
Perilaku Hidup Sederhana
3. Menampilkam
Adab Buang Air
·
KELAS
III
SK : Membiasakan
Perilaku Terpuji
KD : 1. Menampilkan Perilaku Percaya Diri
2. Menampilkan
Perilaku Tekun
3. Menampilkam
Perilaku Hemat
·
KELAS
IV
SK : Keteladanan dari Kisah Nabi Ayub AS dan Nabi
Musa AS
KD : 1.
Memiliki Sikap Pantang Menyerah Sebagai Implementasi Dari Kisah Keteladanan
Nabi Musa AS
1. Menceritakan
Kisah Keteladanan Nabi AyubAS
2. Menceritakan
Kisah Keteladanan Nabi Musa AS
·
KELAS
V
SK : Membiasakan Perilaku Terpuji
KD : 1. Perilaku
Nabi Ayub AS
3. Perilaku
Nabi Musa AS
4. Perilaku
Nabi Isa AS
·
KELAS
VI
SK : Menceritakan
Kisah Abu Lahab, Abu Jahal dan Musailamah Alkazzab
KD : 1. Menceritakan Perilaku Dengki Abu Lahab
dan Abu Jahal
2.
Menceritakan Perilaku
Musailamah Al-Kazzab
2.
URAIAN MATERI (LAMPIRAN)
3.
ANALISIS
METERI
Berdasarkan focus dalam materi PAI SD tentang Materi Akhlak yang SK KD nya
telah di uaraikan di atas. Analisisnya yaitu sebagai berikut :
a.
Pengorganisasian materi pelajaran
harus jelas karena pada hakekatnya pengorganisasian materi pelajaran adalah
kegiatan menyiasati proses pembelajaran dengan rancangan terhadap unsur-unsur
instrumental melalui upaya pengorganisasian yang rasional dan menyeluruh,
misalnya dari materi yang mudah ke materi yang sulit, dari materi yang
sederhana ke materi yang komplek dan dari materi yang kongkrit ke materi yang
abstrak.
b.
Pada meteri kelas III yaitu bagian
Kompetensi Dasar “Menampilkan Perilaku Peraya Diri”, Menurut pemakalah harusnya materi ini berada
pada kelas satu, sebab Perilaku Percaya Diri ini sangat berperan pada peserta
didik, dan dari awal masuk peserta didik dituntut agar memiliki sikap percaya
diri.
c.
Pada materi Kelas IV dan Kelas V,
terdapat SK dan KD yang mempunyai kesamaan yaitu tentang kisah dan akhlak Nabi
Ayub as dan Nabi Musa as. Dan setelah pemakalah melihat dan membandingkan isi
pada buku atau bahan ajarnya, pemakalah memang menenukan kesamaan, baik itu
dari segi judul maupun dari segi isi bahan ajarnya. Menurut pandangan pemakalah
kesamaan materi seperti ini sangatlah tidak efektif, sebab ini akan mengurangi
wawasan peserta didik.
C.
PENUTUP
1.
KESIMPULAN
a. Setiap
materi yang diajarkan harus sesuai dengan kemampuan dan kecakapan siswa.
b. Penanaman
nilai-nilai agama terhadap anak harus dimulai sejak dini dan harus dimulai dari
materi yang mudah ke yang sulit dan materi yang sederhana ke materi yang
kompleks.
2.
SARAN
Dari
penulisan makalah ini diharapkan mampu menambah wawasan mahasiswa dalam
penguasaan materi PAI SD/MI, dan penulis menyadari bahwa masih banyak
kekurangan, baik dari segi penulisan maupun isi dari makalah ini. Oleh karena
itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun
demi kesempurnaan makalah ini.
D.
DAFTAR
KEPUSTAKAAN
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 1.
Era Pustaka Utama
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 2.
Era Pustaka Utama
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 3.
Era Pustaka Utama
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 4.
Era Pustaka Utama
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 5.
Era Pustaka Utama
__________Pendidikan Agama Islam Kelas 6.
Era Pustaka Utama
Makasih Soal pai
BalasHapus