Selasa, 15 September 2015

MATERI PAI MA



BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Al-Qur’an dan Hadits adalah sumber pokok ajaran Islam yang memuat segala tatanan hidup guna meraih kebahagiaan,kemuliaan,kesejahteraan hidup di dunia yang cuma sesaat dan di akhirat yang haqiqi.
Al-Qur’an adalah mu’jizat terbesar yang diturunkan oleh Allah SWT.kepada Nabi Muhammad SAW yang terjaga keasliannya,isi kandungannya selalu sesuai dengan perkembangan manusia sepanjang zaman. Sedangkan Al-Hadits merupakan dasar ajaran agama dan juga cerminan budi pekerti Rasulullah SAW yang luhur,yang mesti dijadikan uswatun khasanah dalam kehidupan kita sebagai umatnya.
Maka dari itu dalam pembelajaran,Al-Qur’an Hadits di ajarkan dari tingkat dasar kepada anak-anak disekolah.
Dengan Penjelasan Materi Al-Qur’an Hadits di tingkat MA yang kami paparkan,hal ini bisa membantu siswa didik untuk lebih mengetahui tentang materi ajar itu sendiri,dan perbuatan tingkah laku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
B.     TUJUAN
1.      Untuk Mengetahui Penjelasan Materi Al-Qur’an Hadits pada MA Kelas XI
2.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah Materi PAI MA Kelas XI.

BAB II
PEMBAHASAN
Semester I
A.    Bab I : NIKMAT ALLAH DAN CARA MENSYUKURINYA
1.      Pengertian Syukur dan Syukur Nikmat
Mensyukuri nikmat allah adalah kewajiban setiap muslim dan muslimat. Syukur berasal dari bahasa arab yang berarti berterimakasih. Menurut Istilah, bersykur adalah berterimakasih kepada allah atas karunia yang dianugerahkan kepada dirinya.
Syukur nikmat adalah ungkapan terimakasih yang diiringi rasa gembira dan puas atas segala rahmat dan nikmat dari Allah SWT yang telah diterima seseorang.
Sebuah ucapan syukur kepada Allah SWT dapat dilakukan melalui hati, dengan tunduk dan ketawakalah setelah adanya ikhtiar, melalui lisan dengan mengakui nikmat allah dengan ucapan-ucapan kalimat syukur, serta melalui anggota badan dengan ketaatan dan penerimaan atas apa yang telah diberikan.
2.      Mengartikan QS Al-Ankabut ayat 17
Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu adalah berhala, dan kamu membuat dusta. Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezki kepadamu; Maka mintalah rezki itu di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. hanya kepada- Nyalah kamu akan dikembalikan.
3.      Hadits Tentang Syukur Nikmat Allah
Dari Abu Hurairah ra.Rasulullah Saw. bersabda kepada Abu bakar dan umar Ra.,”Demi Zat yang diriku ada di bawah kekuasaan-Nya.Hari Kiamat nanti, kamu semua akan ditanyakan (diminta pertanggungjawaban) tentang nikmat ini, (semula)rasa lapar itu telah mendorong kamu untuk keluar rumah, sehingga kamu belum mau kembali sebelum memperoleh nikmat ini. (HR.Muslim).

B.     Bab II : KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
1.      Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup   
·         Membangun lingkungan hidup.
·         Menjaga lingkungan dari kerusakan.
·         Menjaga sumber daya udara..
·         Menjaga sumber daya air.
·         Menjaga pelestarian alam dan lingkungan hidup.
2.      Sikap dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkunga Hidup
Kita sebagai orang yang beriman harus melestarikan dan memanfaatkan anugerah yang diberikan Allah yaitu sumber daya alam agar supaya kebutuhan hidup tercukupi dimasa sekarang dan untuk generasi yang akan datang.Oleh karena itu, kita harus memberi kontribusi dalam pelestarian lingkungan hidup.


Semester II
A.    Bab III : POLA HIDUP SEDERHANA DAN PERINTAH MENYANTUNI DHU’AFA
1.      Berkompetensi Dalam Kebaikan Anjuran Allah (QS Al-Baqarah ayat 148)
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
2.      Hadits Tentang Berlomba Dalam Kebaikan
Rasulullah Saw bersabda, “Wahai manusia,bertobatlah kepada Allah sebelum kamu meninggal dunia dan bersegeralah kamu beramal saleh sebelum kamu sibuk, dan sambunglah silaturrahmi di antara kamu dan di antara Tuhanmu dengan memperbanyak Zikir kepada-Nya dan memperbanyak sedekah, baik secara terang-terangan maupun secara sembunyi, dengan itu semua kamu akan diberi  rezeki, ditolong, dan diangkat derajatnya“(HR.Ibn Majah )



B.     Bab IV : AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR
1.      Kewajiban Melaksanakan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar (QS Ali Imran ayat 104)
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar merekalah orang-orang yang beruntung.”
Dalam ayat tersebut diatas  bahwa tumbuhnya amar ma’ruf nahi mungkar dikalangan umat islam akan menjamin kebehagiaan hidup mereka, baik didunia ini maupun di akhirat nanti. dan Allah menegaskan bahwa umat islam adalah memang diciptakan untuk menjadi umat teladan bagi umat-umat yang lain karena membawa misi dakwah, yaitu mengajak kepada perbuatan-perbuatan yang baik dan benar,serta mencegah segala perbuatan yang keji dan mungkar.
2.      Hadits Tentang Amar Ma’ruf Nahi Mungkar
Dari Abi Sa’id Al-Khudry.ra,”berkata,”saya mendengar rasulullah saw.bersabda ‘siapa di antara kamu yang melihat kemungkaran, maka hendaklah ia mengubah dengan tangannya,kalau tak mampu dengan ucapannya, dan kalau tak mampu juga maka dengan hatinya.dan yang terakhir itu adalah iman yang paling lemah.”(HR.Muslim).

  
C.    Bab V : UJIAN DAN COBAAN
1.      Bentuk Ujian Dari Allah (QS Al-Baqarah ayat 155)
“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”
2.      Hadits Nabi Saw
Dari Abi Yahya Shuhaib Ibn sinan ra.,ia berkata,” Rasulullah Saw,bersabda,’Aku kagum kepada urusan orang mukmin, karena semua urusannya memiliki nama baik, dan itu terjadi hanya kepada seorang mukmin.bila ia mendapatkan sesuatu yang menyenangkan, lalu ia bersyukur, maka ia mendapatkan kebaikan, bila ia ditimpa sesuatu yang menyedihkan,lalu ia bersabar, maka ia pun mendapatkan kebaikan,”(HR.Muslim)”.



BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Al-Qur’an dan Hadits adalah sumber pokok ajaran Islam yang memuat segala tatanan hidup guna meraih kebahagiaan, kemuliaan, kesejahteraan hidup di dunia yang cuma sesaat dan di akhirat yang haqiqi.
Al-Qur’an adalah mu’jizat terbesar yang diturunkan oleh Allah SWT.kepada Nabi Muhammad SAW yang terjaga keasliannya,isi kandungannya selalu sesuai dengan perkembangan manusia sepanjang zaman. Sedangkan Al-Hadits merupakan dasar ajaran agama dan juga cerminan budi pekerti Rasulullah SAW yang luhur,yang mesti dijadikan uswatun khasanah dalam kehidupan kita sebagai umatnya.
Maka dari itu dalam pembelajaran,Al-Qur’an Hadits di ajarkan dari tingkat dasar kepada anak-anak disekolah.

B.     SARAN
Dari penulisan makalah ini diharapkan mampu menambah wawasan mahasiswa dalam penguasaan strategi pembelajaran Aqidah Akhlak, dan penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan, baik dari segi penulisan maupun isi dari makalah ini. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA
1.      Muh Asnawi, M.Ag, dkk. Buku Pelajaran Al-Qur’an Hadits Untuk Madrasah Aliyah Kelas X.Kanwil Depag Jawa Tengah : CV Gani
2.      Dirjen Kelembagaan Agama Islam DEPAG RI. 2008. Qur’an Hadits, Madrasah Aliyah Kelas I.
3.      Syaikh Manna’ Al-Qaththan. 2005. Pengantar Studi Ilmu Hadist. Jakarta: Pustaka Al-Kausar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar